Bentuk Negara Vatikan

Vatikan

       Bentuk negara : negara kesatuan
       Bentuk pemerintah : Monarki absolut
       Bentuk pemerintahan Vatikan : kerajaan namun uniknya kepala negara vatican bukanlah raja tetapi Paus yang merupakan pemimpin umat Katolik se-Dunia.
       Sistem pemerintahan : sistem Presidensil tetapi tidak memiliki hak penuh untuk mengganti para dewan –dewan negara, dan menganut sistem Teokrasi kekuasaan tertinggi berada pada Paus.


KEPALA NEGARA DAN KEPALA PEMERINTAHAN
       Dalam menjalankan tugasnya Paus dibantu oleh Komisi Kepausan Negara Kota Vatikan
       Pemimpin Negara Vatikan sekarang yaitu Paus Fransiskus
Terdapat dua hirarki utama
       Hirarki Keagamaan: Menurut Kitab Hukum kanonik Sri Paus adalah uskup Gereja Roma, dapat dikatakan sebagai wakil Yesus di dunia,gembala Gereja Universal sekaligus Kepala Dewan Uskup.
       Hirarki Pemerintahan: Misi yang diemban Takhta Suci adalah misi keagamaan,kemanusiaan,HAM,ekumenis dan dialog dengan agama-agama lain,perdamaian dan kesejahteraan dunia didasari oleh nilai-nilai kemanusiaan dan keagamaan. Gelar tertinggi sesudah paus adalah Kardinal,tergabung dalam Dewan Kardinal yang berwenang menyelenggarakan pemilihan Paus dalam sidang Conclave. Sri paus juga dibantu oleh Dewan uskup.
DEWAN KARDINAL

Dewan Kardinal yang membantu  Paus dalam pemerintahan yaitu  Giuseppe Bertello.











LAMBANG NEGARA VATIKAN

       Tiara yakni mahkota bertingkat 3. Tiara ini dipasang di kepala Bapa Suci sebagai lambang kekuasaan. 3 tingkat dalam mahkota/tiara melambangkan 3 kekuasaan Paus,yaitu sebagai uskup Universal, Puncak Yurisdiksi dalam Gereja dan kepala negara kepausan.
       Salib Emas (pada puncak Tiara) melambangkan Salib Yesus Kristus
       Dua kunci berwarna emas dan perak yang diikat bersilang dngan tali singel melambangkan kunci kerajaan surga yang dijanjikan Yesus kepada St. Petrus.






BENDERA NEGARA VATIKAN



Bendera Vatikan adalah bendera resmi Takhta Suci Vatikan, di Italia. Berwarna kuning dan putih. Sementara lambang Takhta Suci terdapat di warna putih. Bendera ini adalah lambang kekuasaan Paus terhadap Vatikan dan orang Kristen.










TEMPAT WISATA

1.       Colosseum


2.       Piazza Navona

3.       VILLA BORGHESE


4.       BASILIKA SANTO PETRUS


5.       Spanish Steps



Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNESCO, FAO, ILO, UNICEF dan WHO

Bentuk Negara Belanda